Mengenal Kolektibilitas dalam Usaha Simpan Pinjam

Glinkco
By -
0

Kolektibilitas merupakan keadaan pembayaran pokok atau angsuran pokok dan jasa oleh anggota serta tingkat kemungkinan diterimanya kembali dana yang yang telah disalurkan. Ada beberapa jenis kolektibilas yang perlu kita ketahui, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Kolektibiltas Lancar
Kolektibiltas lancar mengindikasikan bahwasanya anggota memiliki track record pinjaman yang baik, dalam artian anggota tidak pernah mengalami keterlambatan dalam hal pembayaran angsuran pokok maupun angsuran bunga sampai dengan 30 hari.

Kolektibiltas Kurang Lancar
Kolektibilitas kurang lancar mengindikasikan bahwasanya anggota pernah mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran pokok maupun angsuran bunga selama 90 – 120 hari.

Kolektibilitas Diragukan
Kolektibilitas diragukan mengindikasikan bahwasanya anggota pernah mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran pokok maupun angsuran bunga selama 120 – 180 hari.

Kolektibilitas Macet
Kolektibilitas macet merupakan kondisi di mana anggota memiliki riwayat pinjaman yang ‘buruk’ oleh karena tidak melakukan pembayaran angsuran pokok dan angsuran bunga selama lebih dari 180 hari terhitung dari tanggal jatuh tempo.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)